Selasa, 02 November 2010

kegunaan monitor

salah satu komponen komputer yang bentuknya mirip televisi. Tak hanya bentuk, monitor juga dapat menampilkan gambar bergerak seperti halnya televisi. Namun, yang membedakan keduanya adalah input-nya. Anda tidak perlu memasang antena agar bisa melihat sesuatu di dalam monitor komputer. Anda cukup memberi masukan (input) bisa dari keyboard atau DVD/CD ROM. Apa saja yang Anda masukkan atau ketikkan pada kedua perangkat keras tersebut, semua akan ditampilkan pada monitor.

Tentunya, input tadi harus diproses dulu di dalam CPU (Central Processing Unit). Karena di dalam CPU terdapat sebuah piranti yang bernama VGA card yang berfungsi menampilkan output process ke monitor. Tanpa piranti ini monitor tidak akan dapat menampilkan gambar apapun atau blank. Monitor juga disebut sebagai piranti output yang sifatnya sementara. Maksudnya, monitor tidak akan menampilkan output terus menerus, dia akan berhenti jika sudah tidak ada lagi input yang diproses oleh CPU.

Macam-Macam Monitor

Ada beberapa jenis monitor yang bisa Anda temukan di pasaran, antara lain:

1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube) atau dikenal dengan sebutan tube sinar katoda. Monitor ini menggunakan teknologi yang sama dengan televisi, hanya saja menggunakan isyarat digital (bukan analog). Tak hanya itu, layarnya pun menggunakan tube vakum.

2. Monitor dengan panel rata, yang memiliki ciri khas ringan dan tipis. Monitor ini lebih hemat listrik dibanding monitor CRT.

Monitor CRT, karena alasan kurang praktis dan cenderung boros listrik, akhirnya tergeser oleh monitor LCD (Liquid Crystal Display). Konsumen lebih menyukai LCD karena disamping hemat listrik, LCD lebih praktis, tampilannya elegan, dengan bentuk yang tipis dan ringan.

Ada berbagai macam ukuran monitor, yaitu antara lain 14”, 15”, 17”, 19, 21”. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan, tentunya akan memilih monitor yang ukurannya lebar, yaitu 21 inch. Akan tetapi, jika Anda menggunakan monitor LCD sebaiknya memperhatikan jarak antara mata Anda dengan layar. Karena monitor ini menampilkan gambar lebih tajam dibanding jenis CRT.

Meski lebih banyak digandrungi, LCD juga memiliki kekurangan, yaitu gambar (visual) terbaik hanya bisa diperoleh ketika mata Anda tegak lurus terhadap layar. Jika Anda memilih sudut lain, bisa ditebak, output pada monitor terlihat lebih gelap (kurang jelas). Inilah sisi ketidakpraktisannya. Anda harus sering mengubah posisi monitor untuk memperoleh visual terbaik.

Nah, setelah mengetahui kegunaan monitor dan jenisnya, Anda bebas memilih monitor terbaik yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Segala produk pasti mengandung kelebihan dan kekurangan, tinggal pilih kelebihan mana yang Anda sukai dan kekurangan semacam apa yang dapat Anda toleransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar